TARI GREGET SAWUNGGALING 2021 SMP NEGERI 20 SURABAYA

TARI GREGET SAWUNGGALING SMP NEGERI 20 SURABAYA

Karya tari Greget Sawunggaling adalah bentuk dramatari yang memiliki fokus karya berupa nilai kepahlawanan dalam cerita rakyat Sawunggaling. Menurut cerita yang berkembang, Sawunggaling adalah seorang Adipati Surabaya yang jujur, gagah, dan berani. Sawunggaling merupakan putra dari Dewi Sangkrah dan Adipati Jayengrono. Sawunggaling menjadi sosok yang babat alas (membuka lahan) kota Surabaya bagian barat. Dia juga membuat Belanda marah karena membunuh banyak pasukan Belanda, sementara Belanda tidak mampu menangkapnya.

Penyajian karya tari Greget Sawunggaling bertujuan untuk menemukan pola garap sebuah tari bercerita, kelompok, dan penggabungan antara segala macam unsur-unsur pendukung melalui pengungkapan nilai kepahlawanan pada tokoh Sawunggaling dalam karya dramatari yang berbentuk visual dan audio. 

Karya tari Sawunggaling dalam penyajiannya menampilkan unsur-unsur sebagai pendukung kekaryaan antara lain setting panggung, tata cahaya, tata rias wajah, dan rambut, tata busana, bahan busana, properti serta iringan.  Nilai kepahlawanan yang terdapat dalam karya tari Sawunggaling antara lain rela berkorban, cinta tanah air, kerja keras, keteladanan, kejujuran, demokratis, mandiri, bertanggung jawab, sebagai inspirasi penggarapan karya. 

Pada tahun ini SMP Negeri 20 Surabaya mengikuti lomba tari Greget Sawunggaling dalam rangka peningkatan prestasi, pengembangan minat, bakat, dan kreativitas seni yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Lomba ini dilaksanakan secara virtual dengan membuat rekaman video tari Greget Sawunggaling yang diunggah melalui Youtube.

Melalui bimbingan Ibu Kartini Sadparwati, S.Pd., siswa SMP Negeri 20 Surabaya yang mengikuti lomba tari Greget Sawunggaling tahun 2021 terdiri atas:

  • Bunga Adenis Dea Fanny
  • Diandra Artika Putri
  • Khomsiatur Rodhiyah
  • Sabitah Raniah Amaliani T
  • Nathasyah Putri Nur Fadhilah

Berikut ini video tari Greget Sawunggaling oleh siswa SMP Negeri 20 Surabaya:



Selamat menikmati dan semoga bermanfaat! (*/Bangkit Irmanudin Bahri)