SMPN 20 SURABAYA SEKOLAH ZERO WASTE 2019

     SMP Negeri 20 Surabaya kembali meraih prestasi. Kali ini SMP Negeri 20 Surabaya menerima penghargaan sebagai sekolah zero waste dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan tunas hijau pada acara Awarding Surabaya Eco School di Gedung Graha Sawunggaling, Kota Surabaya yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 7 Desember 2019.

     
   Pada dasarnya Awarding Eco School adalah kegiatan penyerahan penghargaan kepada siswa, sekolah dan keluarga yang peduli lingkungan. Gerakan lingkungan yang diawali dari sekolah ini digelar ke sembilan kalinya di Surabaya. Sebanyak 84 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Surabaya, Jawa Timur, dinyatakan sebagai sekolah zero waste atau sekolah tanpa sampah non-organik kemasan makanan dan minuman sekali pakai.
    Eco School merupakan kegiatan pengelolaan lingkungan dengan mengajak masyarakat melalui sekolah-sekolah. Melalui kegiatan ini diharapkan, pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan di sekolah dapat berpengaruh kepada masyarakat. Selain sekolah, Surabaya Eco School juga diikuti 1.207 keluarga. Para peserta tersebut menampilkan program kepedulian lingkungan yang dilakukan di dalam lingkungan keluarga melalui media sosial berupa instagram.
     Capaian program Surabaya Eco School 2019 ini terdapatnya 84 sekolah zero waste, sebanyak 1.115 lubang biopori yang telah dibuat di sejumlah sekolah, 15.220 kilogram sampah organik yang berhasil diolah, 7.200 kilogram sampah kertas yang telah diolah menjadi barang yang bermanfaat, kemudian 12 ribu kilogram jelantah yang telah diubah menjadi biodiesel dan 9.306 tanaman hias dan 1.509 pohon yang ditanam di sekolah.

     
     Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya kepedulian terhadap lingkungan. Saat ini di beberapa daerah terjadi banjir, namun Surabaya tidak mengalami hal itu padahal posisinya hanya terpaut 5 meter di atas permukaan laut. Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini menyampaikan rasa terima kasih kepada para guru yang telah memberikan bimbingan kepada para siswanya agar peduli terhadap lingkungan. Sukses selalu SMP Negeri 20 Surabaya, Semprong tetap jaya! (*/bib)