SARAPAN BERSAMA SMPN 20 SURABAYA

SMP Negeri 20 Surabaya selalu memiliki kegiatan yang menarik, misalnya kegiatan sarapan bersama yang dilaksanakan pada hari Rabu 11 Desember 2019. Kegiatan ini dilatarbelakangi adanya komitmen bahwa sarapan penting untuk dilaksanakan sebagai rutinitas setiap pagi. Mengingat siswa yang tidak sarapan sebelum berangkat ke sekolah sering memiliki masalah seperti, sakit kepala, mengantuk, sakit perut, kelelahan, ketidaktegasan, mudah marah, kecemasan, kurang bahagia, gugup, lesu, dan sebagainya. Sarapan tidak hanya menghilangkan rasa lapar, namun juga untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi siswa dalam proses belajar, bermain dan berolah raga sehingga dapat meningkatkan prestasi.


SMP Negeri 20 Surabaya melaksanakan gerakan sarapan pagi bersama yang diikuti oleh seluruh warga sekolah. Bertempat di lapangan SMP Negeri 20 Surabaya seluruh siswa dari kelas 7 hingga kelas 9 beserta bapak/ ibu guru melaksanakan sarapan bersama dengan membawa bekal makanan menggunakan tepak makan dan tumbler dari rumah masing- masing. Sarapan bersama diharapkan bisa menumbuhkan kebersamaan sesama siswa dan guru.


Kegiatan sarapan bersama di SMP Negeri 20 Surabaya ini merupakan upaya menumbuhkan karakter positif pada diri siswa seperti peduli, tertib, disiplin, tenggang rasa, bertanggung jawab dan religius. Saat sarapan mereka bisa berbagi dengan teman yang kebetulan terlupa membawa bekal, harus tertib memulai dan mengakhiri sarapan, tidak melakukan hal-hal yang membuat tidak nyaman teman di sampingnya, bertanggung jawab terhadap sampah atau remah nasi yang tercecer dan mempraktikkan adab makan sesuai anjuran agama.


Sarapan bersama ini juga bertujuan untuk mewujudkan SMP Negeri 20 Surabaya sebagai zero waste yang terus menjaga kelestarian lingkungan dengan meminimalkan sampah kertas dan plastik di lingkungan sekolah. Melalui hal tersebut, guru SMP Negeri 20 Surabaya berusaha menanamkan pola hidup sehat bagi siswa. SMP Negeri 20 Surabaya memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi peserta didik salah satunya dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat. Berbagai cara untuk menanamkan pola hidup sehat, antara lain siswa diajarkan mengenai makanan sehat, memilih jajanan sehat, cara menggosok gigi yang benar, cara mencuci tangan yang benar, dan kebiasaan positif lainnya. Siswa SMP Negeri 20 Surabaya sehat, prestasi meningkat. Semprong jaya. (*/bib)