Kegiatan Imunisasi Campak Rubella di SMP Negeri 20 Surabaya

Surabaya- Penyakit Rubella kini tengah menjadi topik hangat di Indonesia. Pasalnya, penyakit ini sangat berbahaya terutama bagi wanita hamil. Rubella sendiri sebenarnya adalah Campak Jerman. Gejalanya tidak jauh berbeda dengan campak biasa namun, dalam rubella gejalanya menyerang otot dan sendi terasa ngilu. Orang Jawa biasa menyebutnya dengan gabaken. Lantas bagaimana cara mencegah penyakit tersebut?



Hari ini tanggal 16 Agustus 2017 SMP Negeri 20 bekerja sama dengan Puskesmas Lontar untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella dengan diadakan imunisasi. Kegiatan ini berlangsung di laboratorium IPA SMP Negeri 20 Surabaya. Semua siswanya diwajibkan berpartisipasi. Tujuannya agar memperkuat daya tahan tubuh dari Virus Rubella. 

Sebelum disuntik, para siswa dicek dulu kesehatannya di aula kemudian siswa yang tidak mengalami gangguan kesehatan diarahkan ke laboratorium untuk disuntik. Proses penyuntikan dilakukan oleh 6 dokter serta dibantu anggota PMR SMP Negeri 20 Surabaya.
Di sini anggota PMR membantu memberi tanda berupa tinta ungu di jari kelingking dan memberi obat paracetamol kepada siswa yang telah disuntik. 

Imunisasi ini ditujukan kepada anak-anak sejak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Apabila lebih dari itu juga boleh terutama ibu hamil sangat dianjurkan dalam hal ini agar ibu tidak mengalami abortus dan susah hamil serta cacat bayi.