Membuat Email dari Gmail


icon-gmail
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik).
Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya). Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut: 

Langkah 1
Masuk ke alamat http://www.google.co.id/ pada web browser kesayangan anda, bisa pake Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome terserah anda tapi saya sarankan sebaiknya menggunakan Google Chrome karna lebih cepat menurut saya. Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini.


Pilih CREATE AN ACCOUN atau jika web browser menggunakan bahasa indonesia pilih buat akun untuk memulai tahap pendaftaran di gmail, lebih jelasnya dapat di lihat pada gambar diatas disebelah pojok kanan atas.
 
Langkah 2
Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan jelas. 
New+Picture+%282%29
1.   First name
      Disini anda diminta untuk mengisikan nama depan anda. Anda tidak disarankan untuk mengisi nama samaran disini.
2.   Last name
      Jika anda memiliki nama keluarga, isikan di sini. Jika tidak, masukkan saja nama terakhir anda sebagai gantinya.
3.   Desired Login Name
      Nama yang anda masukkan di sini adalah nama account anda di Gmail yang berfungsi untuk login di layanan google.
4.   Setelah anda mengisi nama untuk login ini, cek lebih dahulu apakah akun ini telah digunakan oleh orang lain atau belum dengan klik pada pilihan check avaliability. Setelah tidak ada kesalahan pengisian Desired Login Name, maka langsung saja mengisi form tahap selanjutnya.
5.   Password
      Masukkan password yang unik namun mudah dihafal. Disarankan password anda minimum 8 karakter agar sekuritas account anda terjamin.
6.   Password Confirmation
      berfungsi untuk konfirmasi password yang diisikan sebelumnya. Dengan demikian kesalahan pemasukkan password dapat dikenali dan bisa segera direvisi. Contreng pada kotak kosong Remember me on this computer jika anda menginginkan account and secara otomatis masuk ke dalam dassboard gmail anda.
7.   Phone Number
      Masukkan no ponsel anda untuk konfirmasi, Anda nanti akan dapat sms kode untuk aktifasi email
8.   Secondary Email
      Jika anda memiliki email yang aktif sebelumnya, silakan isi dengan alamat email tersebut. Namun jika anda baru pertama kali ini membuat email, maka biarkan saja form ini.
9.   Location
      Tuliskan lokasi anda berada sekarang.
10. Word Verification
      Masukan angka atau huruf sesuai dengan gambar dibawahnya, word verification ini bertujuan untuk mencari tahu kesungguhan anda dalam mendaftar email ini.
11. Service of terms
      Jika data yang diisikan telah lengkap. Bacalah service of terms yang diberikan oleh google. Kemudian klik Tombol ( I Accept Create My Account ) atau langkah selanjutnya untuk segera membuat account google, apabila tidak ada kesalahan maka proses pembuatan email kita berhasil. 

Langkah 3
Jika selesai langkah diatas maka kamu akan menemukan halaman Verify your account/Verifikasi akun Anda seperti dibawah ini.
New+Picture+%283%29

1. Kalau sudah klik kirim kode verivikasi maka anda akan menemukan halaman seperti gambar di bawah:

New+Picture+%284%29
2. Isikan kode yang anda trima dari pihak gmail, jika sudah isikan pada bagian Kode verifikasi dapat anda    lihat pada gambar diatas setelah itu klik Verifikasi untuk melanjutkan...Selanjutnya anda akan di bawah kehalaman seperti di bawah ini

New+Picture

3. Gambar diatas artinya email anda sudah selesai dibuat, silahkan klik Memulai untuk mengolah akun gmail   anda.

Sekian dan terima kasih semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda. Jika ada yg kurang jelas menurut anda silahkan meninggalkan komentar anda.